Welcome To My Blog

Muhammad Syamlawi

tweet bird

Minggu, 04 Desember 2011

Sekolah Megah dan Mahal = Mutu Pendidikan yang Baik?



Pada saat mulai tahun ajaran baru biasanya para orang tua sudah mulai sibuk dengan mencari informasi tentang sekolah bagi putra dan putrinya baik sekolah TK, SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi.

Salah satu cara mencari sekolah yang baik bukan hanya melihat dari penampilan luarnya saja. Gedung sekolah yang megah dan fasilitas yang memadai bukan jaminan bahwa sekolah tersebut adalah sekolah terbaik dan dapat dikatakan sebagai sekolah unggulan.


Jaminan bahwa sekolah itu dikatakan sebagai sekolah terbaik ataupun unggulan dinilai dari sistem pendidikan dan pengajaran yang telah diterapkan oleh sekolah tersebut dengan menghasilkan siswa/siswi yang berprestasi.

Jika sistem pengajaran yang diterapkan di sekolah tersebut sudah memenuhi standar kurikulum yang ditetapkan pemerintah maka yang perlu kita perhatikan pula kualitas dan kuantitas para pendidik yang berada disekolah tersebut apakah sudah memenuhi kriteria yang diperlukan sebagai seorang pendidik. Jika semua itu sudah memenuhi persyaratan maka dengan sendirinya kita sebagai orang tua siswa/siswi akan dapat mengukur sampai sejauhmana pendidikan yang akan diterima oleh siswa/siswi disekolah tersebut.

Sementara diluar kriteria diatas harus pula kita sadari bahwa faktor bimbingan orang tua dan pengaruh lingkungan tempat tinggal juga ikut mempengaruhi keberhasilan seorang siswa/siswi, maka dari itu perlu kerjasama yang baik antara orang tua siswa/siswi dengan pihak sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sangat dibutuhkan sekali sehingga terbentuknya POMG (Persatuan orang tua murid dan guru).

Kembali kepada mutu pendidikan disekolah, selain tenaga pendidik yang berkualitas dan berkuantitas memang diperlukan juga fasilitas penunjang untuk keberhasilan sebuah pendidikan.

Lalu…Bagaimana dengan sekolah yang belum memiliki fasilitas tersebut…?

Jika sekolah tersebut belum memiliki fasilitas yang memadai, namun ada kemauan yang besar dari pihak sekolah untuk memenuhi standar mutu pendidikan, maka sekolah tersebut dapat bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang sudah memiliki fasilitas memadai. 

Di sini disampaikan sekali lagi bahwa sebagai orang tua memang harus cermat dalam memilih sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan bagi anak-anak disaat ini dan masa yang akan datang.

1 komentar:

Sample Text


Selamat Bergabung di blog Saya


Dalam Blog saya, anda akan menemukan beberapa pengetahuan dan hal yang menarik. salah satunya untuk melihat berita ter update dari dalam dan luarnegeri dan juga berita sport, untuk mendapatkan berita ter update anda dapat mengklik beberapa situs update news yang telah saya sediakan bagi anda semua.

ini website yang telah saya sediakan, diantaranya :
1. detik news. silakan klik disini
2. konten terbaru. Silakan klik disini
3. berita harian terkini. Silakan klik disini
4. kompas.com . Silakan klik disini
5. harian bangsa. Silakan klik disini
6. seputar ndonesia. Silakan klik disini
7. mancanegra news. Silakan klik disini
8. okizone (sport). silakan klik disini
9. detik sport. Silakan klik disini
10. berita bola (sport). silakan klik disini


10 website itu yang saya kira menyediakan berita ter update
silakan kunjungi untuk mengetahui berita teranyar di dalam negeri dan luar negeri.


atas perhatiannya saya ucapkan Terimakasih



kunjungi saya di jejaring sosial lainnya
1. facebook. Silakan klik
disini
2. twitter. Silakan klik
disini
3.plurk . Silakan klik disini

Popular Posts