Tenyata Pulau Jawa masuk catatan dunia lho sebagai pulau terunik di dunia...bangga ga? Tetapi Pulau Jawa itu termauk pulau terunik karena penduduknya yang terpadat di dunia. Wah, ternyata kepadatan pulau Jawa tidak hanya terkenal di Indonesia ya, tetapi juga sampai seantero dunia. Pantas saja dech harga rumah di Pulau Jawa itu mahal-mahal.


Inilah 10 pulau terunik yang mempunyai ciri khas tersendiri di dunia


Ometepe: Pulau Tertua di Dunia

Ometepe merupakan salah satu pulau tertua di dunia. Pulau ini terbentuk dari dua gunung api yang menyembul dari danau Nikaragua di Republik Nikaragua. Namanya diambil dari bahasa Nahuatl, kata ome yang berarti dua dan kata tepel yang berarti pegunungan. Kalau dua kata itu digabung maka artinya adalah dua gunung. Dua gunung api yang membentuk pulau tersebut adalah Concepci?n and Maderas . Walupun pualu ini berbahaya karena gunung berapi nya bisa meletus sewaktu-waktu, akan tetapi tetap saja ada penduduk yang berdiam di sekitarnya. Jumlah penduduknya sekitar 35.000 jiwa dengan mata pencarian penduduk utamanya pertanian, beternak. Daerah ini juga merupakan daerah pariwisata.



Ellesmere: Pulau Kecil Yang Membeku


Ellesmere adalah salah satu pulau di dunia yang membeku karena dingin nya cuaca sekeliling nya. Pulau ini terdapat di sebelah barat Greenland, Kanada, dimana para pakar geologi dan pakar biologi sering mengadakan penelitian. Lahan disekitarnya merupakan lahan tandus sehingga cocok untuk para pakar mempelajari perubahan alam. 


Azores: Rugged and Remote

Azores adalah kepulauan vulkanik yang berada di lepas pantai Portugal. Pulau yang berada di samudera atlantik ini sungguh unik dimana perubahan cuaca terjadi dengan sangat cepat. Penduduk di pulau tersebut mengatakan bahawa empat musim bisa terjadi dalam satu hari. Benar-benar aneh! selain itu, temperatur didalam tanah nya sangking panasny bisa dipakai untuk memasak makanan. Jadi kalau anda datang kepulau ini dan ingin menghemat biaya makan. Tinggal bawa panci dan galilah tanah. Masukkan panci maka makanan anda akan matang tanpa memerlukan api ataupun kompor. Menakjubkan bukan? 


Jawa: Pulau Penuh dengan Orang


Jawa merupakan pulau unik karena merupakan pulau dengan jumlah penduduk terpadat di dunia. Jumlah penduduk pulau Jawa berada di Indonesia (semua orang Indo pasti tau nech) mencapai 125 juta jiwa. Selain terkenal unik karena mempunyai jumlah penduduk yang terpadat, pulau ini juga terkenal karena di apit oleh dua pulau mega city yaitu Jakarta dan Surabaya sehingga pulau jawa ini mempunyai pemandangan yang sangat indah.


Peacock: Pulau Suci ditengah sungai


Pulau mungil Peacock Island disebut pulau suci karena berada di wilayah candi-candi suci Umananda. Pulau mungil ini berada di tengah sungai Brahmaputra yang luas di Propinsi Assam, India. Candi Umananda dibangun di Guwahati pada 1594, oleh Raja Ahom Assam. 


Selain candi Umananda, terdapat candi-candi lain di Propinsi Assam. Salah satu candi yang paling banyak dikunjungi adalah candi pemujaan Dewa Siwa. Untuk mencapai kuil, orang harus menyeberangi sungai dengan perahu dari Kachari ghat. Terdapat juga feri yang tersedia dari jam 7 pagi di pagi sampai 5 sore di malam hari.


Spratly: Pulau Yang Paling Banyak Diperebutkan


Pulau ini unik karena merupakan milik banyak orang. Kepulauan Spratly adalah pulau dengan rangkaian 650 pulau karang yang terletak di Laut Cina Selatan, antara Filipina dan Vietnam. The Spratlys, sebagaimana mereka disebut, adalah bagian dari tiga kepulauan di Laut Cina Selatan, terdiri dari lebih dari 30.000 pulau dan terumbu karang dan yang begitu merumitkan geografi, pemerintahan dan ekonomi di wilayah Asia Tenggara. 


Pernah dilakukan suatu survey terhadapa kepulauan ini dan hasilnya mengindikasi bahwa kepulauan ini mengandung banyak minyak dan gas bumi. Yang unik dari kepulauan ini adalah 45 pulau ditempati oleh sejumlah kecil pasukan militer dari berbagai Negara yakni Cina, Taiwan, Malaysia, Vietnam, Brunei.


Samosir: Pulau di dalam pulau


Pulau Samosir adalah pulau di tengah Danau Toba yang merupakan danau terbesar di Sumatera Utara, Indonesia. Pulau Samosir diyakini sebagai pulau terbesar yang terdapat dalam sebuah pulau. Luas pulau samosir ini sebear 630km dimana luas ini hampir sebesar luas asli negara Singapura yaitu 714 km2. 630 km2.


Pulau Samosir terbentuk karena letusan gunung berapi yang terjadi sekitar 30.000 tahun dan danau Toba sendiri terjadi 75.000 tahun lalu yang juga disebabkan oleh letusan gunung api. Selain pulau samosir, letusan gunung api juga menyebabkan munculnya semenanjung di daratan pulau sumatera yang kini menjadi kota kecil Prapat. Baik Pulau Samosir maupun Danau Toba adalah merupakan pusat pariwisata di Sumatera dan memiliki pemandangan yang sungguh menakjubkan. 


Dubai: Pulau Buatan berbentuk Palem raksasa


Dubai merupakan negara Timur Tengah yang super kaya membangun sejumlah proyek spektakuler yakni pulau-pulau buatan di lepas pantai. Pekerjaan luar biasa yang mengagumkan dunia, menata pulau-pulau buatan itu seperti pohon palem raksasa. Kepulauan ini menjadi proyek reklamasi tanah terbesar di dunia, juga kepulauan buatan terbesar di dunia. Pulau-pulau itu adalah Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali dan Palm Deira.


Penciptanya pulau buatan ini bernama Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum yang bertujuan untuk meningkatkan wisatawan di Dubai. Setiap pulau berbentuk pohon palem, diatapi sebuah sabit, dan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat nyaman penduduknya. Palm Islands terletak di lepas pantai Uni Emirat Arab di Teluk Persia dan akan menambah 250 km pantai kota Dubai.


Dua pulau pertama akan dibangun dengan sekitar 100 juta meter kubik batu dan pasir. Palm Deira sekitar 1 milyar meter kubik batu dan pasir. Semua bahan berasal dari UEA. Di ketiga pulau tersebut akan dibangun lebih dari 100 hotel mewah, villa dan apartemen eksklusif tepi pantai, marina, taman hiburan air, restoran, pusat perbelanjaan, fasilitas olah raga dan spa kesehatan.


Pembangunan Palm Jumeirah dimulai sejak Juni 2001 dan diperkirakan akan selesai dalam waktu 110-15 tahun kedepan. Kemudian, Palm Jebel Ali diumumkan dan reklamasi dimulai. Palm Deira, yang direncanakan seluas 46.35 meter persegi dan perusahaan pembangun, Nakheel, mengklaim luasnya melebihi Paris, konstruksi dimulai tahun 2003. 


Dubai memang mengalami pembangunan yang pesat sekali sehingga harga tanah disana mengalami kenaikan yang sangat besar dan banyak penduduknya yang kayak mendadak karena kenaikan property mereka tersebut. Apabila proyek pulau-pulau buatan ini selesai, maka harga property disana diramalkan akan mengalami kenaikan lagi. Bagi yang mempunyai uang lebih dan berani mengambil resiko, boleh mengadu nasib dengan membeli properti di Dubai.


Gunkanjima: Kota Hantu di tengah laut

Kenapa bisa dinamai kota hantu? Pada awal 1900-an, Gunkanjima adalah pulau yg sangat makmur karena kekayaan batu baranya. Perusahaan Mitsubishi Corporation yang mengelola penambangan batu bara di sini, benar-benar membuat pualu Gunkanjima menjadi kota yang makmur dan padat penduduk, padahal pulau ini super kecil dengan luas yang kurang dari 1 km2.


Untuk mengakomodasi para penambang, sepuluh kompleks apartemen dibangun di atas batu kecil - sebuah labirin tinggi dihubungkan dengan halaman-halaman, koridor, dan tangga. Ada sekolah, restoran, dan game rumah, semua dikelilingi oleh tembok pelindung. Pulau ini dikenal sebagai "nashi Midori Shima," pulau tanpa warna hijau. Tahun 50-an jumlah penduduk mencapai 6000 orang, ini merupakan pulau terpadat penduduknya di dunia pada masa itu.


Akan tetapi kekayaan alam batu bara pulau ini habis dikeruk bahkan sampai ke dasar laut, dan setelah semua kekayaan alamnya ludes, pulau pun ditutup. Pulau yang tak memiliki tumbuhan hijau ini pun lama kelamaan mati. Lima puluh tahun kemudian, pulau ini mirip pulau hantu dan apartemen-apartemen yang dulunya dibangun pun runtuh karena tidak dirawat. Tahun 1974-2009, pulau ini dinyatakan tertutup untuk umum. Namun baru-baru ini muncul ketentuan baru bahwa pulau unik ini dibuka untuk proyek wisata. Pulau ini pun didaftarkan sebagai Situs Warisan Dunia Unesco.


Tristan da Cunha: Pulau yang Terisolir dari dunia


Pulau yang berada di selatan Samudra Atlantik, 2.816 km dari Afrika Selatan dan 3.360 km dari Amerika Selatan. ini amat sangat terisolir dari dunia luar. Dikeliling oleh pegunungan dan laut membuat akses ke pulau ini sangat sulit. Belum lagi karakter alam yang sulit, seperti angin yang keras. Pulau yang berada dalam kedaulatan Saint Helena, Inggris , hanya memiliki penduduk 270 orang.


Pulau Tristan ditemukan oleh pelaut Portugis yang bernama Ilha de Trist?o da Cunha pada tahun 1506, dan dikasih nama sesuai dengan nama penemunya. Karena sangat terisolasi, satu satunya alat transportasi untuk pergi ke pulau tersebut hanyalah dengan perahu karena tidak ada landasan pesawat di sana. Yang juga menjadi masalah adalah adanya penyakit genetic yang diduga terjadi karena perkawinan sedarah antar-saudara. Hal ini karena pulau ini sangat terisolasi dan pendatang dilarangnya tinggal di sini.s