Welcome To My Blog

Muhammad Syamlawi

tweet bird

Sabtu, 28 Mei 2011

Letusan Merapi Terdahsyat dalam 100 Tahun




Karakter letusan Gunung Merapi kali ini mengalami perubahan yang sangat besar. Merapi mengalami periode letusan panjang di atas 100 tahun dengan energi yang sangat besar.
Berbeda dengan siklus pendek antara 4-6 tahun yang hanya terjadi luncuran awan panas alias wedhus gembel dan pembentukan kubah lava. Demikian dikemukakan Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Sukhyar saat berbincang dengan okezone, Jumat (5/11/2010).
“Siapapun di Yogyakarta dan para ahli tidak pernah memiliki dan mengalami peristiwa letusan yang masuk siklus panjang,” ungkapnya. Artinya, letusan Merapi saat ini tidak pernah terjadi sebelumnya dalam periode panjang di atas 100 tahun. “Ini letusannya dahsyat, ada awan panas, lontaran lava pijar, abu vulkanik,” imbuhnya.
Menurut Sukhyar, dari sinyal sismik diperoleh informasi jika aktivitas Merapi meningkat. Letusan terus berlangsung, lontaran awan panas dan lava pijar setinggi 7,5 km dan abu vulkanik. “Letusan jatuh di semua lereng gunung atau semua sektor yang menujukan volume dapur magma yang sangat besar dan tekanan gas tinggi,” papar Sukhyar.
Sekadar diketahui, sejak Rabu 3 November hingga siang ini Gunung Merapi terus memuntahkan isi perutnya. Akibatnya, hingga radius 15 km terkena dampak letusan. Sebab itu, pihak otoritas sudah memperluas radius aman Merapi hingga 20 km.
Pada letusan dini hari tadi, dilaporkan korban tewas sebanyak 73 orang. Korban tersebar di dua wilayah, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 69 korban dan empat korban di Jawa Tengah.

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text


Selamat Bergabung di blog Saya


Dalam Blog saya, anda akan menemukan beberapa pengetahuan dan hal yang menarik. salah satunya untuk melihat berita ter update dari dalam dan luarnegeri dan juga berita sport, untuk mendapatkan berita ter update anda dapat mengklik beberapa situs update news yang telah saya sediakan bagi anda semua.

ini website yang telah saya sediakan, diantaranya :
1. detik news. silakan klik disini
2. konten terbaru. Silakan klik disini
3. berita harian terkini. Silakan klik disini
4. kompas.com . Silakan klik disini
5. harian bangsa. Silakan klik disini
6. seputar ndonesia. Silakan klik disini
7. mancanegra news. Silakan klik disini
8. okizone (sport). silakan klik disini
9. detik sport. Silakan klik disini
10. berita bola (sport). silakan klik disini


10 website itu yang saya kira menyediakan berita ter update
silakan kunjungi untuk mengetahui berita teranyar di dalam negeri dan luar negeri.


atas perhatiannya saya ucapkan Terimakasih



kunjungi saya di jejaring sosial lainnya
1. facebook. Silakan klik
disini
2. twitter. Silakan klik
disini
3.plurk . Silakan klik disini

Popular Posts